Twitter
LinkedIn
YouTube
Facebook

Penangkaran Rusa Cariu Jonggol

penangkaranrusa-18-plang-penangkaran-rusa-di-jln-raya-edit

Penangkaran Rusa Cariu adalah salah satu wana wisata pendidikan yang ada di daerah Bogor, yang mungkin belum banyak orang yang tahu. Tempatnya nyaman dan sejuk, dan cocok untuk tempat berlibur keluarga, khususnya untuk pendidikan anak, agar bisa berinteraksi langsung dengan rusa-rusa yang cantik, yang mungkin selama ini hanya bisa dinikmati dari balik jeruji besi atau dari luar kandang saja, seperti hal nya di kebun binatang. Tapi di penangkaran rusa Cariu, kita bisa langsung ada di antara rusa-rusa yang sedang beristirahat ataupun sedang makan seperti foto-foto di bawah ini.

penangkaranrusa-02-dinastglmerah-04edit

penangkaranrusa-03-dinastglmerah-05edit

Penangkaran Rusa Cariu ini, ada di lokasi Wana Wisata Penangkaran Rusa Cariu, yang ada di desa Buanajaya, Kecamatan Tanjungsari, yang merupakan pemekaran dari kecamatan Cariu, Bogor. Kecamatan Cariu sendiri ada setelah kita melewati kecamatan Jonggol, bila kita datang dari arah Cileungsi, sehingga sering kali tempat ini juga disebut penangkaran rusa Cariu Jonggol. Jadi untuk bisa menuju tempat ini, kita harus menuju Cileungsi terlebih dahulu.

Bila kita datang dari arah Jakarta, untuk bisa sampai ke Cileungsi, bisa lewat Cibubur, keluar di pintu tol Cibubur Jambore. Setelah itu ambil jalan arah Nagrak dan Cileungsi. Setelah tiba di perempatan Cileungsi, ambil jalan lurus saja, atau naik ke flyover menuju Jonggol. Setelah melewati flyover atau perempatan Cileungsi arah ke Jonggol, kita yang akan melewati Terminal Cileungsi dan juga Taman Buah Mekarsari, perjalanan bisa dilanjutkan ke arah Jonggol. Sedangkan dari perempatan Cileungsi itu, bila belok ke kiri akan menuju Bekasi, dan bila kita ambil arah ke kanan akan menuju Citereup, Cibinong, Sentul dan Bogor. Tapi bila kita datang dari daerah Citereup, Cibinong ataupun Cikarang, bisa ambil arah ke Jonggol terlebih dahulu, tanpa harus melewati Cileungsi.

Dari Jonggol perjalanan bisa dilanjutkan ke arah Cariu. Bila telah tiba di daerah Kecamatan Cariu, terus saja lanjutkan perjalanan ke arah Cianjur. Setelah melewati perbatasan Cariu, kita akan memasuki daerah Kecamatan Tanjungsari. Kecamatan Tanjungsari, yang merupakan pemekaran dari kecamatan Cariu, Bogor, karena seringkali masih disebut Cariu. Penangkaran rusa nya sendiri sudah tidak jauh ke perbatasan Tanjungsari (Bogor) dengan Cikalongkulon (Cianjur), seperti foto saya di bawah ini.

perbatasan-cikalongkulon-cianjur-01-dinastglmerah-06edit

Ke arah sana (setelah melewati jembatan besar), kita sudah memasuki daerah kecamatan Cikalongkulon yang merupakan kabupaten Cianjur, meninggalkan daerah (kabupaten) Bogor. Sedangkan kebalikannya, memasuki daerah (kabupaten) Bogor, seperti foto saya di bawah ini.

perbatasan-cikalongkulon-cianjur-02-dinastglmerah-07edit

Perjalanan ke Penangkaran Rusa Cariu ini diadakan ketika melakukan dinas tanggal merah dengan corak dinas pengabaran, pada hari Senin tanggal 8 Februari 2016, bersama rekan-rekan seiman yang tinggal di daerah Cileungsi dan Jonggol.

penangkaranrusa-01-dinastglmerah-01edit

penangkaranrusa-04-dinastglmerah-02edit

perbatasan-cikalongkulon-cianjur-05-dinastglmerah-03edit

Setelah kita membayar tanda masuk di loket, kita akan melewati jembatan gantung di atas sebuah sungai dengan banyak batu-batu kali yang besar-besar. Kemudian setelah melewati warung dan juga toilet umum serta tempat istirahat di pinggir sungai, perjalanan menuju penangkaran rusa, agak sedikit menanjak, seperti foto di bawah ini.

kepenangkararusa-01-plang-dan-jln-agak-menanjak

Tidak lama kemudian jalan setapak akan menurun, yang memperlukan kewaspadaan dan kehati-hatian dari kita, dengan memperhatikan juga alas kaki kita misalnya. Foto-foto jalan setapaknya seperti di bawah ini.

penangkaranrusa-02-menurun3

penangkaranrusa-03-menurun2

Setelah itu kita akan menemui jalan setapak dengan batu-batu yang tertata dengan rapi. Tapi tetap kehati-hatian diperlukan.

penangkaranrusa-04-jln-yg-ditata-batu2nya

Kemudian kita akan menemukan lokasi tempat bermain anak-anak, tempat berkumpul, dan juga tempat istirahat dan makan. Foto-fotonya seperti di bawah ini.

penangkaranrusa-05-ada-tempat-makan-dan-istirahat

penangkaranrusa-06-tempat-bermain-anak2

penangkaranrusa-05-ada-tempat-makan-dan-istirahat

Setelah itu kita akan melewati jembatan yang terbuat dari bahan-bahan bambu. Dan tidak jauh dari sana sudah dekat dengan area masuk tempat rusa-rusa dilepas, seperti foto-foto di bawah ini.

penangkaranrusa-08-ada-jembatan-bambu

penangkaranrusa-09-pintu-masuk-ke-tempat-rusa

penangkaranrusa-10-pintu-masuk

Di dekat area masuk penangkaran rusa tersebut juga terdapat kandang dari habitat fauna yang lain, misalnya beberapa musang yang cukup besar ukurannya, seperti foto di bawah ini.

penangkaranrusa-11-musang-yg-cukup-besar

Bila kita sudah cukup puas melihat fauna yang lain seperti musang tersebut, kita bisa memasuki area penangkaran rusanya yang cukup luas areanya seperti foto-foto di bawah ini.

penangkaranrusa-12-pintu-masuk

penangkaranrusa-13-dgn-rusa

penangkaranrusa-14a-cukup-luas-png

penangkaranrusa-14-pintu-masuk-png

Agar kita bisa melihat dengan jelas suasana penangkaran rusa Cariu, berikut saya perlihatkan videonya di bawah ini.

 

Demikian sekilas informasi seputar penangkaran rusa Cariu. Semoga bermanfaat.


Leave a Reply